Alamat

Jl. Kesehatan No. 1 Teluk Kuantan

HARAPKAN MASYARAKAT YANG MEMILIKI BPJS KESEHATAN DAPAT DI LAYANI DI UNIT HEMODIALISIS, RSUD TELUK KUANTAN LAKUKAN KREDENSIALING BERSAMA BPJS KESEHATAN

Penulis : Titiana Yuswar

Teluk Kuantan, Senin (4 Maret 2024). RSUD Teluk Kuantan menyambut baik kedatangan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Rengat berserta perwakilan Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Kabupaten Kuantan Singingi dalam rangka kredensialing Unit Hemodialisis.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medis, Ubaidillah, SKM, M.Si menerangkan bahwa kredensialing adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh rumah sakit untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Tujuannya untuk mengevaluasi fasilitas kesehatan dan penyedia layanan kesehatan guna menentukan kelayakannya untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, seperti kelayakan alat, SDM, dan lain-lain.

“Dengan dibukanya unit hemodialisis, kita ingin pasien yang memiliki BPJS Kesehatan juga dapat dilayani makanya kegiatan ini dilakukan. Jika tidak, tentu pasien harus membayar sendiri atau umum.”

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini, diawali dengan pemaparan dari pihak RSUD Teluk Kuantan dan dilanjutkan dengan pihak BPJS Kesehatan yang turun langsung meninjau unit hemodialisis didampingi pihak rumah sakit .

Ubaidillah menerangkan kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak ada temuan atau perbaikan yang harus dilakukan oleh rumah sakit.

“Alhamdulillah berjalan (read: kegiatan kredensialing) lancar dan tidak ada temuan ya karena sebenarnya kita juga sudah mengantongi izin dari OSS (Online Single Submission) dan rekomendasi dari Penefri (Perhimpunan Nefrologi Indonesia)”.

Untuk hasil rekredensialing Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medis itu memperkirakan akan keluar minggu depan. Sedangkan terkait kapan unit hemodialisis dapat memberikan layanan kepada masyarakat, Ubaidillah menegaskan dalam waktu secepatnya.

Selain itu kedepannya rumah sakit berencana menambah sebanyak 20 unit mesin cuci darah karena 5 unit mesin yang tersedia dinilai kini tidak akan mencukupi kebutuhan cuci darah masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi yang diperkirakan berjumlah 105 orang.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *